Laman

Friday, June 26, 2015

Pernapasan Dan Meditasi Untuk Kesehatan


Oksigen (O2) atau yang lazim disebut "udara bersih" mutlak dan sangat dibutuhkan bagi kehidupan, terutama manusia. Hal ini penting artinya untuk kelangsungan proses metabolisme sel-sel tubuh. 
Tubuh akan selalu dalam keadaan sehat dan bugar apabila proses metabolisme dalam tubuh berjalan "sempurna dan seimbang".
Seorang tabib dari Tiongkok Khe Hung yang hidup pada abad III menyatakan : "Bila seseorang mau berlatih olah raga pernapasan secara rajin dan teratur, tubuh akan tetap sehat, pikiran tenang, jiwa tentram, dapat mengendalikan diri dan menahan emosi serta awet muda".
Pendapat Khe Hung ini dibuktikannya sendiri.
Sejak usia 15 tahun hingga akhir hayatnya, usia 98 tahun, ia tidak pernah sakit dan tubuhnya nampak seperti orang muda.

Seorang ahli kesehatan dari Oxford University AS, Dr A Russel Walance mengatakan bahwa satu-satunya obat yang dapat menyembuhkan penyakit ialah "darah bersih". Sedangkan cara yang paling efektif membersihkan darah adalah "menghirup" udara bersih dan segar (oksigen) sebanyak-banyaknya.

Dr Kenneeth Cooper (1960), pernah meneliti olah raga dengan kesegaran jasmani. Ia mendapatkan bukti, orang-orang yang menggemari olahraga mempunyai daya tahan tinggi dan paru-parunya mempunyai kesanggupan untuk menampung udara 1,5 kali lebih banyak dibanding orang yang tidak pernah melakukan olahraga.
Begitu pula penelitiannya mengenai olahraga yang disertai pernapasan, menunjukkan bahwa tingkat kesembuhan naik sekitar 10 - 25 persen dibanding bila hanya diberi obat-obatan.

Olahraga maupun senam bisa melatih seluruh organ tubuh. Jika olahraga atau senam tersebut disertai dengan pernapasan maka sistem pernapasannya akan berjalan lebih sempurna. Hal ini karena otot dan syaraf ikut bereaksi secara serempak, sehingga oksigen akan merata masuk ke seluruh sel-sel tubuh. Volume Oksigen Maksimal (VO2 Max) dapat terpenuhi sesuai dengan tujuan untuk menjaga-meningkatkan-melestarikan kesehatan.

Cara menuju sehat, bugar dan untuk pengobatan yang paling aman adalah dengan cara alami yaitu tubuh mengusahakan sumber daya alam, misalnya oksigen maupun sumber makanannya.

Pernapasan yang dilakukan dengan sempurna berguna untuk : 
a. memperlancar dan memperbaiki sirkulasi darah
b. meningkatkan daya tahan tubuh
c. mempercepat regenerasi sekuler
d. melatih organ paru-paru dan jantung
e. menormalkan pernapasan dan denyut jantung
f. meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot dan syaraf
g. mengatur kelembaban kulit dan menghambat proses penuaan sel-sel jaringan organ tubuh
h. membantu proses penyembuhan berbagai penyakit.

MEDITASI
Meditasi sudah dikenal sejak jaman dulu, karena merupakan suatu teknik "latihan mental dan spiritual".
Perilaku meditasi tidak hanya menjadi tradisi di benua timur saja, tetapi sekarang ini banyak dilakukan oleh orang-orang Barat, terutama di Amerika dan Australia.
Penelitian yang dilakukan oleh orang-orang barat berhasil mengungkap manfaat atau efek-efek meditasi secara fisik maupun psikologis.
Banyak orang mengenal meditasi dengan cara mengikuti latihan di perguruan pencak silat beladiri tangan kosong Merpati Putih, mengikuti Yoga , Zen maupun Tao.

Penelitian yang dilakukan terutama menyangkut pengaruh meditasi pada : 
a. sistim otak atau sistem syaraf pusat
b. sistim pernapasan dan sistim kerja jantung.
c. kondisi psikologis (kejiwaan)

Dari penelitian yang dilakukan didapat bukti bahwa meditasi 
a. meningkatkan gelombang Alfa atau gelombang otak yang terdapat pada kondisi tubuh relaks, seperti keadaan waktu meditasi.
b. memberikan kontribusi pada keuntungan kejiwaan berupa berkurangnya rasa cemas, panik dan depresi
c. dapat mengaktifkan belahan otak sebelah kanan dan meningkatkan koherensi dengan belahan otak sebelah kiri
d. denyut jantung cenderung lebih normal
e. menurunkan kadar kolesterol
f. memberikan terapi pada penderita asma

Menurut Choa Kok Sui, pakar penyembuhan dengan energi prana, mengatakan bahwa meditasi melalui tenaga prana dapat mengobati penyakit jantung, pernapasan, saluran pencernaan, penyakit otak dan sistim syaraf, penyakit kelenjar endokrin dan sebagainya.

KESEHATAN MENTAL
MEDITASI yang dilakukan dengan sempurna dapat menggantikan peranan obat penenang.
Bagi yang menderita stress, kehilangan percaya diri, maag dan insomnia dalam waktu singkat dapat sembuh dengan melakukan meditasi.
Kelompok pencemas akibat menderita penyakit jantung, kanker dan asma, bisa hilang faktor kecemasannya sehingga semangat untuk sembuh akan muncul dengan sendirinya.

Meditasi dapat dilakukan dengan : 
a. melakukan pernapasan yang diatur dengan baik dan sempurna dengan teknik-teknik tertentu
b. mendengarkan irama musik yang sangat disukai, terutama alunan musik yang lembut dan menyentuh jiwa. Ini merupakan cara bermeditasi tingkat awal bagi pemula dan dapat dilakukan oleh setiap orang di setiap waktu.
Meditasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, tetapi terlebih dulu harus dibimbing oleh seorang instruktur atau pelatih. Hal ini sangatlah perlu agar tidak terjadi hal-hal yang justeru bertentangan dengan tujuan semula.

Dengan melakukan MEDITASI , kesehatan seseorang akan meningkat, penyakit akan menjauh , mental menjadi lebih sehat dan dapat mengendalikan diri dengan baik.