Laman

Thursday, June 25, 2015

Download Multimedia Pembelajaran Bahasa Jawa (Aksara Jawa)

Multimedia Pembelajaran Bahasa Jawa ini untuk mengajar /pembelajaran Carakan / aksara Jawa / Huruf  Jawa di semua jenjang pendidikan ( SD, SMP, SMA atau yang sederajat).
Multimedia Pembelajaran ini saya buat agar pembelajaran bahasa Jawa di kelas lebih dinamis, inovatif dan interaktif.
Multimedia ini berbentuk atau berbasis powerpoint yang lebih nenarik.
Sebelum powerpoint ini dijalankan atau dipergunakan untuk mengajar terlebih dahulu Laptop maupun PC harus sudah ada / diinstal Font Aksara Jawa. Jika pada laptop atau PC belum ada silahkan download font aksara Jawa di sini. 


Jika file di bawah ini tidak terbuka maka  muncul tulisan seperti di bawah ini. Tidak usah galau,  Anda bisa langsung mengunduh filenya dengan cara meng-KLIK  tulisan "download" yang ada di dalam kotak warna biru.
Tulisan dan gambar di atas muncul karena Anda diharuskan "LogIn" ke akun Gmail.

Setelah meng-KLIK download akan muncul  (Anda diarahkan pada)  gambar seperti  di bawah ini (karena filenya besar/ melebihi kapasitas yang ditentukan). Kemudian Klik lagi pada "Tetap download" di kotak warna biru. Tidak apa-apa, file dan perangkat Anda tetap aman.


Sebenarnya media pembelajaran ini sudah lama saya buat, aslinya dalam format powerpoint. Saya revisi, saya perbarui dan akhirnya seperti ini (lihat video di bawah). 
Pernah suatu ketika, karena saya pikir ini sangat layak untuk media pembelajaran bahasa Jawa, khususnya Aksara Jawa maka terus saya revisi. Kemudian saya simpan di CD agar dapat dipergunakan oleh teman-teman yang mau dan mampu mengajar bahasa Jawa (Carakan).
          Setelah saya simpan dalam CD, CD tersebut saya bawa kehadapan pimpinan di tempat saya bekerja. Saya mohon agar pimpinan di tempat saya bekerja mau menerima dan mengesahkan media pembelajaran  tersebut untuk digunakan di tempat saya bekerja. Saya katakan :"Pak, saya sudah membuat media pembelajaran bahasa Jawa dan akan saya gunakan untuk media pembelajaran. Tolong media ini disahkan. 
Duuarrrrrr .... Apa yang terjadi? Belum juga pimpinan melihat hasil karya saya ini seperti apa bentuk dan wujudnya, dia sudah menjawab : "Pak, hati-hati jangan sampai penjenengan dikatakan sebagai PLAGIAT. Sudah itu disimpan saja". 
Bagai disambar petir di siang hari, saya keluar dari ruang  pimpinan dengan  hati yang sangat kecewa. Dalam hati saya berkata :"Ya Allah, ini adalah benar-benar karya saya, tetapi orang mengatakan bahwa saya adalah seorang plagiat. Ampunilah saya ya Allah. Amin"

Video Aksara Jawa Lan Macapat (Macapat ana ing menit 5.37)
Unduh Video Aksara Jawa Lan Macapat untuk Smartphone

No comments:

Post a Comment